Portal Berita Indonesia

Sering Terlupakan Cek Tutup Air Radiator Sebelum Overheat

· · 0 comments

Adalah kebiasaan orang indonesia yakni lupa. Kebiasaan lupa sering kali menjadi penyebab dari berbagai kecelakaan yang menimpa pengendara mobil. Salah satunya adalah lupa untuk memerika cek tutup air radioator. Memeriksa kondisi air radiator sebelum memulai perjalanan sangat penting. Namun, yang lebih penting lagi adalah memeriksa apakah tutup air radiator setelah mengisi air tertutup rapat atau tidak.

tips bepergian tutup radiator

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi menyebut, tak sedikit pemilik mobil yang lupa menutup rapat tutup air radiator sebelum berkendara. Padahal, hal sederhana seperti itu berdampak signifikan.

"Orang biasanya suka ngecek yang namanya air radiator. Pagi-pagi dia melihat, aman, ditutup lagi. Besoknya dilihat lagi, aman, ditutup lagi. Besok dilihat lagi habis itu dia lupa menutup. Dia itu (tutup air radiator) kan dua klik, krek, krek, gitu. Jangan sampai lupa ditutup rapat," kata Anjar kepada detikOto.

Ternyata tutup air radiator yang tidak rapat bisa membuat uap air keluar. Sehingga, air radiator bisa mengering dan berdampak pada overheat, yaitu suatu keadaan ketika mesin mobil terlalu panas dan ini sangat membahayakan pengendara dan penumpang kendaraan.

Jika terjadi overheat, akan banyak masalah yang dihadapi. Dampak ekstremnya ketika overheat, kepala silinder mesin bisa melengkung dan komponen material plastik seperti intake manifold bisa meleleh.

Oleh karena itu jika Anda ingin bepergian bersama keluarga yang anda cintai, pastikan cek tutup air radiator mobil Anda sebelum berangkat.

0 comments:

Post a Comment