Friday, June 19, 2015

Jangan Tidur Setelah Sahur Karena Buruk Akibatnya Bagi Kesehatan

tidur nyenyak setelah sahur bolehkah ? cara tidur nyenyak saat flu

Rasanya enak banget kalau habis sahur kita bersandar di kursi empuk dan lama-lama rasa kantung membuat kita malas untuk aktifitas dan ujung-ujungnya tertidur. Hal ini dialami oleh kebanyakan orang yang kerap tidur setelah melakukan sahur puasa Ramadhan. Apalagi suhu saat ini cukup dingin.

Percayalah, kebiasaan tidur setelah makan sahur itu efeknya sangat buruk bagi kesehatan Anda. Walaupun pada dasarnya Puasa itu menyehatkan, tetapi jika dilakukan dengan asal-asalan malah berakibat buruk bagi kesehatan kita.

Tidur setelah sahur menurut islam memang dilarang, karena akan menimbulkan rasa malas untuk beribadah dan melakukan aktifitas sehari-hari. Padahal di Bulan Ramadhan pahala senantiasa diberikan oleh Allah Swt dengan lapang bagi mereka yang beribdah dengan mengharap ridho Allah.

Lantas bagaimana efek bagi kesehatan tubuh kita ?

Obesitas dan Kolesterol Meningkat

Jumlah kalori dari makanan yang Anda konsimsi saat sebelum tidur malam dan setelah sahur tentu cukup banyak karena tidak Anda gunakan untuk aktifitas setelah makan. Hal ini akan lebih memperburuk keadaan, sebab tubuh tidak punya kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi.

Mengalami Heartburn

Heartburn, istilah ini mungkin baru terdengar belakangan ini. Istilah Heartburn adalah rasa panas seperti terbakar di sekitar ulu hati hingga kerongkongan, Heartburn ini terjadi karena refluks asam lambung yang berlebih yang diproduksi saat Anda tidur dalam keadaan kenyang. Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung yang bisa naik dari lambung sampai ke kerongkongan. Tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk.

1 Response to Jangan Tidur Setelah Sahur Karena Buruk Akibatnya Bagi Kesehatan

  1. Pantesan kemarin teerasa begah banget...

    ReplyDelete

Back To Top