Portal Berita Indonesia

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

· · 0 comments


Tanaman merupakan salah satu ciptaan tuhan yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Tanaman diibaratkan sebagai paru-paru bumi, karena tanaman dipercaya menghasilkan oksigen (O2) yang sangat dibutuhkan oleh semua makluk hidup. Bahkan sekarang sudah banyak tanaman di Indonesia yang dijadikan obat herbal pengganti obat-obatan kimia.

Jika Anda ingin mengenal faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanama disekitar lingkungan Anda, ternyata ada beberapa faktor yakni internal dan eksternal.

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup merupakan hasil interaksi antara faktor yang terjadi dari dalam tubuh makhluk itu sendiri (internal) dan juga faktor yang berasal dari luar tubuh (eksternal).

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman

Faktor internal, yakni faktor dari tumbuhan itu sendiri yang meliputi :

1. Genetik
Genetik adalah faktor pembawa sifat menurun yang terdapat di dalam setiap sel makhluk hidup baik manusia maupun tumbuhan.

2. Hormon ( zat tumbuh )
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman selanjutnya adalah Hormon yaitu senyawa organik (zat kimia) yang terdapat pada makhluk hidup yang mempengaruhi reproduksi, metabolisme serta pertumbuhan dan perkembangan.

Faktor eksternal, yakni faktor dari luar meliputi :

1. Nutrisi
Pada tumbuhan, nutrisi yang diperlukan berupa air dan zat-zat hara yang terlarut didalamnya yang dirubah melalui proses fotosintesis menjadi zat-zat makanan.

2. Lingkungan
Faktor lingkungan yang akan sangat berperan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan adalah : suhu udara, cahaya, dan kelembaban.

0 comments:

Post a Comment