Wednesday, June 4, 2014

Cara Menghilangkan Eneg Mual Muntah Saat Hamil Trimester Pertama

cara menghilangkan rasa eneg hamil muda
Sebagai suami melihat istri yang sedang hamil muda terutama pada trimester pertama, teler dan muntah tentu membuat suami kasihan. Berbagai cara untuk mengatasi eneg hamil muda pun dilakukan, banyak cara menghilangkan eneg hamil trimester pertama namun cara menghilangkan rasa eneg hamil muda tersebut tidaklah sama hasilnya untuk setiap perempuan.

Bagi calon ibu muda mungkin saat ini mengalami mual dan muntah, hal ini sering terjadi saat 3 bulan pertama kehamilan (Trimester pertama kehamilan) dan biasa disebut dengan Morning Sickness.

Jika Anda atau istri Anda mengalami mual muntah hamil, Ada tingkat derajat mual yang berbeda-beda pada setiap wanita hamil, ada yang biasa-biasa saja tidak merasakan apa-apa, tapi ada juga yang merasa mual dan bahkan tak jarang ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga sangat dianjurkan untuk menjalankan pengobatan (hiperemesis gravidarum).

Berikut ada beberapa tips untuk membantu anda mengatasi “morning sickness” atau mual-muntah selama awal kehamilan:

  1. Utamakan makanan berkarbohidrat yang ringan, seperti keripik kentang, biskuit sayur, atau biskuit beraroma lemon yang akan membuat rasa eneg menghilang. Makanan ini kaya akan gula penghasil energi, serta kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Usai makan keripik kentang, minumlah air jeruk manis. Kombinasi asin-asam ini bisa mengenyahkan rasa mual. Untuk mengurangi rasa mual, Ibu bisa mengonsumsi makan-makanan yang tinggi karbohidrat seperti, kentang, biskuit, roti, ubi-ubian, singkong dan sebagainya. Dan saat nafsu makan bertambah , Ibu dapat menambahnya dengan menu sayuran yang berkuah hangat seperti sup dan sayur bening (daun ubi, daun bayam, daun katuk, dll). Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan segar atau jus buah, seperti mangga, pepaya, pisang, tomat, melon, dll.
    Untuk lebih mengurangi rasa mual, sebaiknya memilih makanan yang mengandung vitamin B6. Vitamin ini memiliki sifat anti mual. Contoh jenis makanan yang mengandung vitamin B6 adalah jamur, hati, ikan, daging, kentang, gandum, ragi, kacang-kacangan, pepaya, pisang, sirup, tebu, dan sebagainya.
  2. Makan makanan yang mengandung jahe, karena jahe punya rasa pedas yang akan menghilangkan rasa mual. Anda bisa mencoba memasukkan sepotong jahe dalam sup. Mengudap biskuit jahe atau permen jahe juga boleh dilakukan.
  3. Vitamin B6 (harus dengan resep dokter), yang biasanya diajurkan untuk kehamilan trimester pertama dengan gejala morning sickness yang parah.
  4. Terapi aroma, atau biasa dikenal sebagai aromatherapy, dilakukan dengan mencium aroma yang segar dan sesuai dengan selera Ibu, sehingga bisa membantu Ibu untuk rileks, dan ”melupakan” rasa mual serta membuat tidur lebih nyenyak. Namun Ibu juga harus berhati-hati dalam memilih terapi aroma yang akan dipakai karena tidak semua terapi aroma baik untuk ibu hamil. Untuk lebih memastikan keamanannya, sebaiknya Ibu konsultasi dulu dengan tenaga kesehatan. Minyak lavender atau minyak lemon. Masukkan kedua jenis minyak esensial ini ke dalam botol kecil untuk dihirup saat Anda merasa mual, atau usapkan sedikit di pergelangan tangan. Aromaterapi bisa membuat Anda dan perut Anda rileks.
  5. Bedakan saat minum dan makan. Memang Anda harus minum air putih minimal 8 gelas per hari. Namun Anda tidak harus meminumnya bersamaan saat makan. Kadang-kadang mual bisa dihindari dengan mengganti minuman dengan makanan. Atau, minumlah satu jam sebelum atau sesudah makan.
  6. Makan makanan berkarbohidrat. Bentuknya tidak harus nasi, tetapi juga biskuit, roti bakar, atau sereal kering.
  7. Siapkan es, air dan perasan jeruk lemon, kemudian blender. Minuman ini bisa menghilangkan dehidrasi; selain itu efek lemon juga menghilangkan rasa mual karena rasa asamnya.

Ingat! Hubungi dokter anda bila mual-muntah menjadi sangat hebat, sehingga anda tidak dapat makan atau minum apapun juga sehingga dapat menimbulkan kekurangan cairan/dehidrasi.

Kenalan lebih jauh mengenai dunia kehamilan dan tips-tips berguna bagi ibu hamil bisa didapatkan disini. Atau mau saling sharing mengenai pengalaman pribadi ketika dalam masa kehamilan.

0 Komentar Cara Menghilangkan Eneg Mual Muntah Saat Hamil Trimester Pertama

Post a Comment

Back To Top