Portal Berita Indonesia

Inilah Aplikasi Revolusi Mental Jokowi Saat Acara Deklarasi Kampanye Damai

· · 1 comments

Tim sukses Jokowi-JK belakangan ini mempopulerkan istilah Revolusi Mental. Mereka mengamati perubahan yang bisa benar-benar merubah Indonesia ini dengan revolusi mental.

Reformasi yang dilaksanakan di Indonesia sejak tumbangnya rezim Orde Baru Soeharto tahun 1998 baru sebatas melakukan perombakan yang sifatnya institusional. Ia belum menyentuh paradigma, mindset, atau budaya politik kita dalam rangka pembangunan bangsa (nation building). Agar perubahan benar-benar bermakna dan berkesinambungan, dan sesuai dengan cita-cita Proklamasi Indonesia yang merdeka, adil, dan makmur, kita perlu melakukan revolusi mental.

Lantas seperti apa wujud contoh revolusi mental tersebut. Ada pemandangan yang menyita perhatian saat acara Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas yang digelar pada Selasa malam tadi. Capres Joko Widodo terlihat kikuk di antara calon-calon pemimpin lainnya.

Berdiri Tegap, Sedangkan yang Lain Tepuk Tangan


Usai pembacaan deklarasi damai, kedua pasangan diminta untuk menandatangani prasasti deklarasi damai di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (3/6/2014).

Sambil menunggu disiapkannya prasasti, Prabowo-Hatta dan Jusuf Kalla mengobrol santai. Jokowi yang ada di antara Prabowo dan JK tak ikut dalam perbincangan. Dia terlihat kaku, berdiri dalam posisi siap, tak ada senyum di wajahnya.

Ketika yang lain tepuk tangan, Jokowi masih berada dalam posisi sigap. Pandangannya lurus menatap ke depan.

Berdiri Tegap, yang Lain Bergandengan Tangan


Jokowi masih berdiri tegap ketika para calon pemimpin dan komisioner KPU tengah bergandeng tangan. Tak ada guratan senyum dari wajah Jokowi yang masih saja menatap ke depan ini.


Karena Jokowi tak kunjung menyadari bahwa orang-orang yang berada di atas panggung bergandengan tangan membentuk 'rantai manusia', Prabowo Subianto berinisiatif untuk menggandeng kompetitornya itu.

Tak Ikut Tepuk Tangan


Ketika sudah berada di kursi yang bada di barisan depan, Jokowi masih tampak kikuk. Ada suatu momen ketika seluruh hadirin bertepuk tangan, tangan Jokowi sama sekali tidak terangkat.

1 comments:

  1. terimakasih atas artikelnya yang bermanfaat ini, semoga kunjungan kami berkenanan.
    salam

    ReplyDelete