Sunday, April 7, 2013

Program Fitness Latihan Untuk Pemula

program latihan fitnet melatih otot
Program Fitness Latihan Untuk Pemula – Fitness merupakan salah satu media olahraga yang banyak dilakukan oleh masyarakat untuk membentuk otot tubuh dan juga menjaga kesehatan tubuh serta badan kita tentunya. Fitness adalah suatu olahraga kebugaran dengan menggunakan media / alat khusus yang dirancang untuk membentuk otot tubuh yang akan kita inginkan.

Ada banyak sekali Fitnes Program untuk membentuk tubuh dan otot anda. Bagi teman-teman yang belum mengetahui mengenai Program Fitness Latihan Untuk Pemula, Sebelumnya kami telah membahas mengenai Senam Zumba nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berikan review dan ringkasan mengenai Istilah dari Fitness itu sendiri.

Pengertian Exercise -  Exercise disebut juga sebagai “gerakan” adalah serangkaian gerakan badan untuk melatih otot-otot tertentu.

Contoh dari exercise dalam fitness adalah :
  1. Bench Press dan Push Up adalah exercise untuk melatih otot dada
  2. Sit Up dan Leg Raise adalah exercise untuk melatih otot perut

Pengertian Form - Form memiliki pengertian yaitu cara spesifik melakukan suatu exercise untuk memaksimalkan stimulasi otot dan meminimalkan resiko cedera dalam melakukan fitness.

Contoh pada Bench Press:
  • Form yang paling baik untuk melakukan Bench Press adalah dengan menggenggam bar kurang lebih selebar bahu, menjaga agar kepala, punggung atas, dan pantat selalu menempel di bangku, serta kaki selalu menjejak dengan mantap ke lantai.
  • Pada saat menurunkan beban selalu menjaga agar beban turun secara perlahan dan terkontrol. Jangan membiarkan beban jatuh bebas ke dada. Posisi siku ke arah luar senyaman mungkin. Posisi bar jatuh di daerah dada atas antara puting dan dagu. Letak bar pada posisi terendah sekitar 2 jari dari dada.
  • Pada saat menaikkan beban usahakan untuk selalu menjaga agar beban naik secara terkontrol dengan usaha dari otot dada dan trisep, bukan otot yang lain. Jaga agar pada posisi teratas siku selurus mungkin tapi tidak sampai mengunci. Siku yang terkunci berarti beban disangga oleh tulang tangan dan bukan lagi pada otot.

Pengertian Repetition (Rep) - Istilah Program Fitness Latihan Untuk Pemula selanjutnya adalah Repetisi. Pengertian Repetisi atau reps adalah satuan utk pengulangan dari satu exercise. Misalkan pada Push Up: Dari posisi bawah sampai posisi atas disebut 1 repetisi. Lakukan 10x disebut 10 reps.

Pengertian Set - Set merupakan kumpulan dari beberapa repetisi. Contoh Set, Misalnya ada perintah “Lakukan Push Up 4×10 (4 set masing2 10 reps)” maka:
Anda lakukan Push Ups 10reps berturut2, istirahat sebentar, lakukan Push Ups 10reps berturut2, istirahat sebentar, lakukan Push Ups 10reps berturut2, istirahat sebentar, lakukan Push Ups 10reps berturut2.

Pengertian Tempo - Tempo dalam fitness adalah seberapa cepat beban dinaikkan atau diturunkan. Misakan ada perintah lakukan Push Up dengan tempo 1-1-3, artinya naikkan badan (gerakan positif )dalam 1 detik, tahan di posisi atas (statis) selama 1 detik, dan turunkan badan (gerakan negatif) selama 2 detik.

1 Response to Program Fitness Latihan Untuk Pemula

  1. bagus infox gan,,,, mgkn lebih bagus lg lw agan2 sekalian pas fitnes pakai baju senam terbaru yang lagi hot2x gan,,,, hehe...

    ReplyDelete

Back To Top