Portal Berita Indonesia

Penyebab Penyakit Busung Lapar Makin Banyak

· · 0 comments

penyakit honger oedeem busung lapar
Kesehatan di Indonesia bisa dikatakan masih kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah, walaupun menteri kesehatan sudah ada dengan berbagai program kesehatan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan menanggulagi penyakit, namun dirasa masih sangat kurang peran pemerintah terhadap kesehatan masyarakat.

Penyakit busung lapar contohnya, yang pada masa pemerintahan Soeharto sangat gencar diperangi dan dikatan "hampir" berhasil namun setelah pergantian kepemimpinan, Indonesia kembali harus dihadapkan dengan permasalahan kesehatan lama yakni Penyakit Busung.

Penyebab penyakit busung lapar di Indonesia dari laporan pemerintah semakin banyak penyebabnya. Walaupun pada dasarnya penyakit busung lapar disebabkan karena kekurangan zat makanan yang disebut protein atau putih telur. Darah kekurangan protein, akibatnya terjadilah osmosa koloid yang sangat lemah lantas air dalam jaringan-jaringan tidak dapat masuk kedalam pembuluh-pumbuluh darah kapiler. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi busung atau membengkak.

Gejala-gejala pada penyakit busung lapar :

  • Badan terasa lemah.
  • Muka atau warna kulit pucat, retak-retak dengan noda hitam dan mudah luka.
  • Nafsu makan dan bergerak kurang.
  • Kaki dan tangan sering terasa kesemutan.
  • Perut kelihatan besar (busung).
  • Bengkak-bengkak disekujur tubuh.

Herbal Indo Utama berkesempatan memberikan tips pengobatan penyakit busung lapar dengan menggunakan ramuan herbal :

  1. Kulit hitam 1 jari, buah ranti 8 buah, rimpang teki 2 jari, daun jambu monyet 8 lembar, daun kangkung hutan 1/4 genggam, biji bunga matahari 20 biji, Kesemua bahan dicuci bersih dan ditumbuk halus. Lalu diremas dengan air garam 1 gelas, diperas lalu disaring . Kemudian diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
  2. Serbuk biji semangka 1 sendok makan, diseduh dengan air panas 3/4 gelas dan madu 1 sendok makan. Suam-suam kuku diminum 2 kali sehari 3 sendok makan.
  3. Kedelai/kacang hijau 1/2 mangkok, dicuci lalu direbus dengan air bersih 1 liter. Kalau airnya tinggal 3/4-nya, dinginkan lalu minum airnya 2 kali sehari 1 gelas.
  4. Kulit kamboja 3 jari, dan prasman 1/2 genggam, dan landap kuning 1/2 genggam, kesemua bahan dicuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Remaslah dengan minyak jarak 5 sendok makan. Gunakanlah untuk mngurut anggota tubuh yang bengkak 1 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  5. Daun legundi 2 genggam, direbus dengan air bersih 5 liter. Gunakanlah air rebusan tersebut untuk merendam tubuh 1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  6. Akar kelintang 10 jari, dicuci bersih dan ditumbuk halus-halus, diberi air garam secukupnya. Gunakanlah untuk menggosok dan melumas seluruh tubuh 1-2 kali sehari.

Ramuan herbal untuk mengobati penyakit busung lapar diatas memang tidak seperti obat kimia yang langsung terasa khasiatnya. Namun lebih aman tanpa efek samping bagi tubuh dan sudah terbukti berkhasiat mengobati penyakit busung lapar di berbagai daerah.

0 comments:

Post a Comment