Sunday, February 5, 2012

Dragon SpaceX Pesawat Luar Angkasa Baru NASA

Foto Pesawat luar angkasa terbaru NASA
Ilmu antariksa NASA memang jagonya, bahkan ada kabar kalau NASA akan meluncurkan pesawat Luar Angkasa terbaru yang dimiliki oleh Nasa sebagai bukti dari keberhasilan NASA dalam ilmu Astronomi. Tes penerbangan pertama pesawat luar angkasa komersial ke International Soace Station (ISS) akan dilakukan akhir Maret 2012. Demikian pernyataan NASA seperti diberitakan AFP, Kamis (2/2/2012).

Pesawat luar angkasa Dragon (berarti naga) milik SpaceX tersebut mungkin saja bisa akan dilakukan pada 20 Maret 2012 mendatang. Namun, Mike Suffredini, juru bicara NASA, mengatakan, tanggal yang lebih pasti akan dikeluarkan beberapa minggu ke depan.

Sebelumnya, peluncuran penerbangan swasta pertama ke antariksa ini dijadwalkan pada  Februari 2012. Namun, rencana ini ditunda karena ada kendala teknik.

SpaceX sendiri sebagai pemilik Dragon merupakan perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk, pengusaha internet dan pendiri PayPal. SpaceX dengan Dragon yang diluncurkan pada tahun 2010 mencetak sejarah sebagai perusahaan pertama yang punya visi antaraiksa.

Sebelumnya, SpaceX bersama beberapa perusahaan lain berlomba-lomba mengembangkan pesawat antariksa setelah Amerika Serikat menghentikan misi penerbangan pesawat ulang alik ke ISS.

Dalam penerbangan pertama, target pertama SpaceX meliputi melintasi ISS pada jarak 3 km, kemudian mendekati ISS dan para astronot untuk selanjutnya parkir. Setelahnya, Dragon akan kembali ke Bumi.

0 Komentar Dragon SpaceX Pesawat Luar Angkasa Baru NASA

Post a Comment

Back To Top