Sunday, August 24, 2014

Waspada Makanan Ringan Berbahaya Untuk Balita dan Ibu Hamil

Di era modern ini yang serba instan menjadikan berbagai produsen makanan berlomba-lomba untuk membuat makanan ringan jajanan / cemilan yang menarik dan diminati oleh semua kalangan, baik untuk anak dan orang dewasa.

Namun sebagai orang tua yang peduli dengan kesehatan diri dan keluarganya, tentu harus sangat memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumi agar kesehatan anak (balita) dan keluarga selalu terjaga dengan baik.

Sebuah penemuan yang cukup mengagetkan beberapa orang tua, yakni ada beberapa makanan ringan (jajanan) yang selama ini cukup digemari dan dikenal oleh anak dan orang tua ternyata sangat berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu lama. Makanan ini mengandung beberapa bahan yang tidak aman dikonsumsi oleh balita dan ibu hamil.

Walaupun sebagiann orang mengatakan hal yang lumrah jika makanan cemilan / jajanan menggunakan tambahan bahan yang berbahaya seperti pewarna buatan, pemanis buatan dan sejumlah bahan pengawet makanan yang selama ini sudah menjadi rahasia umum penggunaan pada makanan.

Walaupun demikian sebagai orang tua kita harus tetap serius dalam mengawal dan menjaga anak kita agar tidak mengkonsumsi makanan yang sebenarnya berbahaya bagi anak dan wanita hamil.

Dimasa balita dimana pertumbuhan sangat dikedepankan, balita jika tidak dikontrol pertumbuhannya melalui makanan dan minuman yang ia konsumsi justru akan menimbulkan faktor resiko penyakit dan kendala yang berpanjangan

Begitu juga dengan ibu hamil. Jika tidak memperhatikan makanan yang ia konsumsis dan justru banyak makan makanan yang banyak mengandung bahan kimia (bahan buatan) dikawtirkan akan menimbulkan masalah yang serius pada janin dikandungannya.

Berikut ini adalah beberapa nama cemilan atau jajanan yang ternyata berbahaya untuk balita dan ibu hamil:

Kacang Atom Garuda

kacang atom garuda mendung bahan berbahaya untuk balita dan ibu hamil

Jika kita perhatikan seksama, sebenarnya terdapat peringatan di bagian belakang Kacang Atom Garuda. Isinya berbunyi: “Mengandung gula dari pemanis buatan, disarankan tidak dikonsumsi oleh adak berusia 5 tahun , ibu hamil, dan ibu menyusui.”

Gery Chocolate Rolls


Gery adalah merek jajanan dari perusahaan Garuda Food. Harganya yang miring seringkali menjadi alasan konsumen untuk memilih cemilan merek ini. Akan tetapi ada peringatan di belakang kemasan bahwa “Gery wafer roll tidak aman dikonsumsi anak anak balita, ibu hamil, dan ibu menyusui.”

Sirup ABC Squash Delight

Sirup ABC Squash Delight berbahaya

Kalau kita jeli mengamati, pada sirup ABC Squash Delight juga ada peringatan di kemasannya. Lagi-lagi sirup ini bisa dibeli dengan harga lebih murah daripada sirup yang standar lainnya.

Okky Jelly Drink

Okky Jelly Drink mengandung zat berbahaya

Selain ketiga merek jajanan di atas, minuman Okky Jelly Drink juga banyak diunggah di media sosial dengan indikasi berpemanis buatan sehingga tidak aman dikonsumsi balita, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Atau Anda menemukan di makanan cemilan yang lain ? jika ada silahkan tambahkan sendiri melalui kotak komentar.

0 Komentar Waspada Makanan Ringan Berbahaya Untuk Balita dan Ibu Hamil

Post a Comment

Back To Top