Sunday, June 1, 2014

Siap Nikah ? Jangan Lupa Siapkan Anggaran Biaya Pernikahan

Apakah Anda sudah siap untuk menikah ? mau pernikahan yang sederhana atau mewah ? Banyak diantara kita yang sudah siap untuk menikahan secara batin, namun lahirnya belum siap karena masih memikirkan biaya, anggaran, dana untuk resepsi pernikahan. Walaupun dengan pernikahan yang sederhana saja, mereka sudah bisa menjadi suami istri.


Pernikahan adalah sebuah impian yang sangat diidam-idamkan hampir semua orang, khususnya bagi kaum perempuan yang mendambakan suatu pesta pernikahan yang sesuai dengan keinginannya.

Mempersiapkan dana menikah yang tidak sedikit sebaiknya dikumpulkan jauh hari sebelum hari pernikahan, khususnya bagi Anda yang tidak ingin bergantung kepada orangtua, idealnya 2-3 tahun sebelumnya dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulannya. Tapi harus serius, jangan asal-asalan karena banyak yang membuat target persiapan 2-3 tahun tapi setelah jatuh tempo mereka belum siap karena banyak faktor. Tapi kalau hal itu bisa dilakukan dengan fokus dan sungguh-sungguh maka tidak akan terjadi kepanikan mengetahui biaya yang keluar saat mempersiapkan pernikahan nanti.

Disini akan dibahas mengenai rincian anggaran pernikahan pada umumnya

Makanan / catering

Makanan merupakan komponen yang sangat banyak memakan dana, hampir mencapai 50% dari anggaran pernikahan dialokasikan untuk konsumsi dan jasa layanan catering seperti misalnya pengantaran makanan untuk resepsi, Anda bisa minta tolong dengan saudara ataupun tetangga yang ahli memasak untuk jasa katering dirumah dan menyewa peralatan makan dari jasa tenda bisa lebih murah.

Tempat Resepsi

Jika Anda akan menyelenggarakan di rumah Anda sendiri atau di kebun rumah Anda ataupun orangtua Anda, alokasikan 8% anggaran Anda untuk menyewa alat-alat penunjang resepsi. Jika Anda akan menyelenggarakannya menyewa di hotel, Alokasikanlah anggaran resepsi Anda sekitar 40-50% atau Anda bisa mengadakan acara pernikahan di rumah atau aula pertemuan yang biasa digunakan untuk acara. Selain lebih murah, tidak ada batasan waktu dan persyaratan lainnya.

Pakaian

Untuk pakaian kedua pengantin, lengkap dengan make up-nya, dan juga pakaian dan make up untuk pengiring pengantin, Anda bisa mengalokasikan 10% untuk biaya pakaian dan juga make up-nya. Misal budget Anda terbatas sedangkan tidak hanya pakaian Anda saja yang memerlukan dana sebagai pengantin, tetapi juga ada pakaian untuk pengiring pengantin, Anda bisa mencari bridal yang memiliki paket lengkap dengan harga yang lebih rendah sehingga untuk pakaian tidak melebihi anggaran biaya pernikahan yaitu 10%. Sebaiknya untuk pakaian pengantin bisa menyewa lengkap dengan aksesorisnya, dibandingkan dengan menjahit sendiri perlu ada ongkos membeli bahan dan jahitnya, lagipula pakaian pengantin hanya satu kali pakai.

Bunga

Walaupun kelihatannya kecil, namun Anda harus mengalokasikan dana 8% untuk biaya bunga. Bunga dari yang hanya untuk dekorasi ruangan resepsi, sampai dengan bunga pengantin, pengiring pengantin, dan juga sebagai corsage.

Undangan Pernikahan

Untuk undangan dan ucapan terimakasih membutuhkan biaya sekitar 3% dari total anggaran. Jangan membuat kartu undangan dari bahan yang mahal, mengingat bahwa kartu tersebut tidak akan digunakan lagi. Untuk teman dekat bisa menggunakan email atau telepon, dengan begitu dapat menghemat pembuatan kartu undangan.

Fotografi / Videografi

Biasanya membutuhkan 12% dari anggaran total. Jika lagi-lagi budget sebagai kendala, Anda bisa mencari photograper yang juga menyediakan jasa video shooting. Atau jika Anda mempunyai saudara atau teman yang berbaik hati menjadi photograper, Anda bisa menghemat dengan cara itu, jadi Anda hanya membutuhkan jasa videografi untuk mengabadikan acara resepsi pernikahan Anda.

Biaya Akad Nikah

Alokasikanlah 3% untuk acara akad nikah Anda. Karena pada akad nikah tidak banyak yang diperlukan. Seperti misalnya makanan. Makanan lebih banyak berada di resepsi pernikahan maka dari itu alokasikan lebih banyak untuk acara resepsinya.

0 Komentar Siap Nikah ? Jangan Lupa Siapkan Anggaran Biaya Pernikahan

Post a Comment

Back To Top