Thursday, June 5, 2014

Membuat Karya Tulis Sangat Mudah Inilah Caranya

Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan kelanjutan dari Proposal KTI. Isinya sama dengan proposal, namun ditulis setelah melakukan penelitian, sehingga ditambahkan kata pengantar, persembahan, biodata penulis, halaman pengesahan, abstrak, bab baru pada bagian isi yang terdiri dari bab hasil, bab pembahasan dan bab penutup, simpulan dan saran.

Kata Pengantar. Memuat informasi tentang kapan dan lama penelitian, lokasi dan dana penelitian jika diperlukan, terutama penelitian yang melibatkan dana dari pihak lain. Nyatakan bantuan teknis dan sarandari pihak lain yang terlibat dalam penelitian. Hindari ucapan terima kasih yang berlebihan. (Contoh terlampir).
Biodata Penulis. Berisi biodata penulis, jenjang pendidikan dan pengalaman kerja terutama di bidang yang berkaitan dengan topik yang diteliti atau institusi yang berhubungan dengan pendidikan yang ditempuh.

Disertai foto setengah badan warna ukuran 4 x 6 cm. Halaman Biodata penulis tidak menggunakan frame dalam bentuk apapun. Halaman Persetujuan. Berisi persetujuan yang meliputi judul KTI, penulis, NIM, dan ditandatangani oleh Pembimbing Utama dan Pembimbing Pendamping dengan tanda tangan dan tanggal persetujuan. Halaman persetujuan tidak boleh menggunakan frame dalam bentuk apapun.

Halaman Pengesahan. Berisi pengesahan yang meliputi judul Karya Tulis Ilmiah (KTI), penulis, NIM, dan ditantangani oleh dewan penguji dengan tanda tangan dan tanggal persetujuan dari ketua jurusan. Halaman pengesahan tidak boleh menggunakan frame dalam bentuk apapun. (lihat lampiran).

Abstrak. Abstrak merupakan ulasan singkat mengapa penelitian dilakukan, bagaimana penelitian dilaksanakan, hasil-hasil yang penting dan simpulan utama dari hasil kegiatan, meliputi :

1.Judul, nama peneliti, latar belakang, tujuan, metode penelitian dan unit analisis data yang digunakan. (Setelah penelitian dilakukan pada saat KTI ditambahkan hasil, kesimpulan dan saran serta keyword dan jumlah daftar pustaka).
2.Pengetikan abstrak dibuat dengan 1 spasi dan tidak boleh lebih dari 1 halaman

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
1. Berisi ulasan dan data yang menjadi latar belakang mengapa penelitian dilakukan (kajian epidemiologis, klinis atau empiris).
2. Menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan adalah penting (secara akademik, metodologi atau praktis).
3. Penulisan bisa menggunakan metode deduktif dan induktif.
4. Diakhiri dengan pernyataan mengenai apa yang diteliti dan apa yang diharapkan dari padanya.
B. MasalahPenelitian
Masalah penelitian dirumuskan dalam bentuk satu atau lebih kalimat tanya dan bisa diawali dengan kalimat pembuka untuk menggiring pada permasalahan sehingga lebih jelas.
C. Tujuan Penelitian
Diuraikan secara spesifik tujuan yang hendak dicapai. Tujuan terdiri dari tujuan umum yang menunjukan arah, sementara tujuan khusus adalah tahapan untuk mencapainya. Tujuan khusus ditulis dengan kalimat operasional menggunakan kata kerja yang hasilnya dapat diukur atau dilihat, seperti menjajaki, menguraikan, menerangkan, menguji, membuktikan atau menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan atau bahkan membuat prototipe.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian baik untuk peneliti, instansi, ilmu pengetahuan atau masyarakat secara luas.

HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Hasil bisa disajikan dalam bentuk tekstular, table, grafik atau gambar atau gabungan antara teks dan table, grafik atau gambar.
2.Analisis data dilakukan secara deskriptif dan bagi penelitian yang sifatnya analitik dilanjutkan dengan uji statistik yang sesuai.
3.Pembahasan ditulis dan diuraikan setelah memaparkan hasil penelitian. Hasil dan pembahasan diawali dari variabel penelitian yang sesuai dengan kerangka konsep yang dibuat. Pembahsan bukan pengulangan hasil, tetapi membahas hasil. Pembahasan dilakukan secara internal (hubungan beberapa data/variable) dan eksternal hubungan hasil penelitian dengan penelitian lain serta mengikuti teori yang ada dan berhubungan dengan penelitian yang dilakukan.

SIMPULAN DAN SARAN
A.Simpulan
1.Kesimpulan bukan menulis kembali hasil
2.Kesimpulan berhubungan dengan jawaban pertanyaan tujuan khusus
B.Saran
1. Saran harus berdasarkan kesimpulan
2. Penulisan saran harus operasional (dapat dilaksanakan peneliti, dan atau orang lain)
Daftar Pustaka
Berisi sumber penulisan dapat berupa buku, jurnal, artikel dan lain-lain yang menjadi rujukan penulisan.
1.Penulisan daftar pustaka diurutkan secara alfabetik
2.Jarak penulisan 1 spasi untuk satu judul referensi
3.Jarak antara judul referensi 2 spasi
4.Cara penulisan bisa menggunakan fasilitas MS-Word 2007 pada model APA (American Psychological Association) style, yaitu: model penulisan daftar pustaka yang memuat Nama-Tahun.Style ini dapat dilakukan dengan cara elektronik pada MS-Word 2007 dengan membuka menu References dilanjutkan dengan melihat menu Citation & Bibliography. Pilih APA style pada menu tersebut, sehingga secara otomatis akan tersusun daftar pustaka. Berikut ini contoh penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber.
a. Sumber dari Jurnal dan Artikel
Akbar, I. (1999). Hubungan Fisik-Fisiologis, Profi Lipid Darah dan Profil Psikologis pada Usia Lanjut. Majalah Kedokteran Bandung Volume 31, 79-86.Wilens, B. (2006). Alcohol, Drugs and Attention Deficit/Hiperactivity Disorder : Model Study of Addictions in Youth. Jurnal of Psychopharmacology, 580-588.

0 Komentar Membuat Karya Tulis Sangat Mudah Inilah Caranya

Post a Comment

Back To Top