Portal Berita Indonesia

Tanda Persalinan Sudah Dekat Ciri-ciri Kehamilan

· · 0 comments

tanda tanda persalinan sudah dekat tips kehamilan pertama
Berita-I.Blogspot.com Wanita yang baru pertama kali hamil, biasanya belum bisa mengetahui kapan persalinan akan datang. Banyak wanita mulai merasakan tanda-tanda persalinan sehari bahkan seminggu sebelum bayi benar-benar lahir. Tanda-tanda persalinan dapat Anda gunakan sebagai indikator bahwa persalinan sudah dekat.

Pada seorang calon ibu untuk yang pertama kalinya, tanda-tanda awal persalinan dapat terjadi beberapa minggu sebelum persalinan yang sesungguhnya. Sedangkan untuk kehamilan berikutnya, tanda-tanda tersebut mungkin dirasakan ketika sudah mendekati persalinan.

Tanda-tanda persalinan pada umumnya adalah sebagai berikut:

Turunnya Bayi ke Panggul
Ketika persalinan sudah mendekati, kepala bayi anda sudah mulai turun ke area tulang panggul (pelvic inlet). Turunnya bayi anda dapat terjadi kapan saja sejak dua hingga empat minggu sebelum bayi anda benar-benar lahir. Jika anda telah merasakan tanda-tanda awal persalinan ini, maka anda dapat meyakinkan diri bahwa proses memiliki seorang bayi sedang dimulai.

Lendir Bercampur Darah
Pengeluaran lendir bercampur darah. Terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir yang berwarna kemerahan karena bercampur darah.

Air Ketuban Pecah
Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau.

Kontraksi Yang Teratur
Kontraksi timbul secara teratur, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.

Mengigil
Tanda awal persalinan lainnya adalah menggigil tanpa sebab yang jelas. Hal ini dapat terjadi tanpa adanya perasaan dingin atau karena anda lemah, dan dapat terjadi akibat hormon stres atau adanya perubahan kadar hormon progesteron dalam tubuh anda.

Diare
Suatu tanda awal persalinan yang tidak menyenangkan adalah diare. Pelepasan suatu unsur kimia dalam tubuh yang disebut dengan prostaglandins dapat terjadi dalam proses awal suatu persalinan. Pemicu ini dapat mengakibatkan meningkatnya aktivitas usus (loose bowel movement).

Adapun beberapa tanda tanda persalinan sudah dekat  yang tidak semua dialami orang semua wanita yang hamil.

0 comments:

Post a Comment