Portal Berita Indonesia

AFC Bantu Investigasi FIFA pada Laga Bahrain Vs Indonesia

· · 0 comments

Kasus wasit Andre el-Haddad asal Lebanon Indonesia vs Bahrain 0-10
Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) bergabung dan memperkuat langkah Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menginvestigasi laga kualifikasi Piala Dunia 2014 Bahrain versus Indonesia yang dinilai ”tidak lazim” dengan skor telak 10-0.

”AFC akan mendampingi FIFA dan bekerja sama erat dengan badan sepak bola dunia dalam investigasi itu,” demikian pernyataan AFC, Jumat (2/3). Sekretaris Jenderal AFC Dato’ Alex Soosay menyatakan, pihaknya telah memeriksa laporan resmi pengawas pertandingan AFC dan wasit Andre el-Haddad (Lebanon). Dari laporan itu, indikasi dugaan pengaturan skor tidak ditemukan.

”Saya membaca berita-berita di media soal dugaan pengaturan skor. Namun, saya yakin, tak satu pun di antara tim-tim kita yang terlibat pada (dugaan pengaturan skor) ini,” kata Soosay.

Ia menekankan sikap tegas AFC pada pengaturan skor dan korupsi. ”AFC dan asosiasi-asosiasi anggotanya waspada dan bertekad menanggulangi ancaman itu,” katanya.

Dalam wawancara dengan pers di London, Inggris, Wakil Presiden FIFA Pangeran Ali bin al- Hussein menekankan pentingnya investigasi itu. ”Yang penting, jika ada hal mencurigakan, Anda harus menginvestigasinya,” katanya.

”Mungkin (skor besar) itu kebetulan, tetapi ada sesuatu di baliknya. Terlepas dari semuanya, hal itu bisa terjadi di negara mana pun di dunia.”

Kemenangan 10 gol tanpa balas hampir meloloskan Bahrain— yang butuh sembilan gol untuk lolos dengan Qatar harus kalah dari Iran—ke putaran keempat kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Bahrain batal lolos setelah Qatar menyamakan 2-2 melawan Iran melalui gol pada menit ke-86.

Di Jakarta, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin menegaskan, investigasi yang akan dilakukan FIFA merupakan hal yang diharapkan PSSI.

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi A Mallarangeng mengancam tidak akan memfasilitasi timnas PSSI dalam laga internasional jika masih ada diskriminasi.

0 comments:

Post a Comment