Portal Berita Indonesia

Sony Xperia Pro Ponsel Android dengan "Keyboard Slider"

· · 0 comments

Review harga dan spesifikasi Sony Xperia Pro kelebihan kekurangan Sony Xperia Pro
Semakin maraknya ponsel Android yang beredar di Indonesia, rupanya membuat pabrikan ponsel pintar / smartphone saling bersaing memberikan yang terbaik untuk mencuri perhatian para pecinta Android. Namun sebagian besar smartphone Android yang beredar di pasaran tidak dibekali dengan keyboard fisik. Jika ada smartphone Android dengan tambahan keyboard fisik, tentu akan menjadi nilai tambah, dan ini sangat diperhatikan oleh Sony Ericsson.

Pada akhir 2011 lalu, Sony Ericsson resmi memasarkan Xperia Pro di Indonesia. Smartphone ini dibekali dengan keyboard fisik QWERTY slide, yang akan mempermudah penggunanya dalam berbalas pesan atau e-mail.

Banyak pihak yang bertanya mengenai tambahan kata Pro di Sony Xperia Pro ini. Penggunaan kata Pro di belakangnya, tentu ditujukan untuk kalangan profesional dan bisnis, namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang suka mengoleksi ponsel Android terbaru. Seberapa profesional dan sejauh mana smartphone ini mendukung kegiatan bisnis? 

Paket Pembelian

Dalam paket pembelian, terdapat 1 unit Xperia Pro, baterai, earphone, kabel konektor HDMI, kabel data MicroUSB, MicroSD 8GB, charger, dan buku panduan.

Poto Xperia Pro terbaru kelebihan Xperia Pro Spesifikasi lengkap


Desain

Review Xperia Pro Harga Xperia Pro Kekurangan Xperia Pro
Xperia Pro memiliki layar berukuran 3,7 inci, dengan dimensi panjang dan lebarnya 120 x 57 mm, serta berat 140 gram. Sedangkan ketebalannya hanya 13,5 mm. Untuk sebuah smartphone yang memiliki keyboard sliding, ketebalan itu masih terbilang wajar.

Xperia Pro tersedia dalam pilihan warna hitam, silver, dan merah, yang terbuat dari materi plastik glossy. Dilihat sekilas, desain Xperia Pro terkesan mewah karena ada unsur stainless steel yang melingkari sisi samping.

Tombol, slot, dan port

Kamera Xperia Pro Hasil Xperia Pro Pixel Berapa harga Xperia Pro
Seperti smartphone Android pada umumnya, di bawah layar tersedia tombol fisik Back, Home, dan Menu.

Di sisi samping kanan, terdapat tombol pengatur volume, port MicroHDMI, dan tombol capture foto. Di sisi samping kiri, terdapat tombol power dan jack 3.5 mm. Sedangkan di sisi atasnya terdapat port untuk menancapkan charger dan kabel data.

Slot SIM card dan memori MicroSD berada di bagian dalam, tertutup panel belakang. Jika ingin menancap atau melepas memori MicroSD, pengguna harus membuka panel belakang terlebih dahulu, lalu melepas baterai. Karena slot MicroSD-nya terhalang oleh baterai.

Layar

Xperia Pro memiliki layar 3,7 inci beresolusi 480 x 854 piksel. Xperia Pro menggunakan teknologi Mobile Bravia Engine yang diadopsi dari teknologi televisi Sony seri Bravia. Dengan teknologi ini, tampilan tombol dan widget pada Xperia Pro terlihat lebih tajam dan jelas.

Layar sentuh full capacitive pada Xperia Pro sangat responsif, bisa digunakan untuk navigasi multi-touch, yakni scrolling, swipe, tab, dan pinch.

Keyboard

Gambar Xperia Pro Review HP Xperia Pro Sony
Keyboard QWERTY lumayan empuk. Tombol satu dengan yang lainnya terpisah, dan jaraknya tidak terlalu berdempetan. Meski tombol-tombol itu didesain datar (tidak cembung), namun cukup nyaman untuk dipakai mengetik cepat.

Kamera

Sepertinya sony kembali mengandalkan fitur kamera dalam Xperia Pro kali ini. Kamera belakang 8MP dengan LED Flash pada Xperia Pro dapat menghasilkan foto yang sangat baik, dan bisa diatur dalam resolusi 4:3 dan 16:9. Kamera juga sudah dilengkapi dengan sensor Exmor R, yang menjadi sensor untuk menangkap gambar yang kekurangan cahaya.

Multimedia

Inilah salah satu fitur pendukung yang dipertimbangkan orang Indonesia dalam memilih smartphone Andorid yakni Multimedia. Percobaan multimedia yang pertama kali kami adalah bermain game. Dipilihlah game yang tergolong populer, yakni Angry Birds dan Fruit Ninja. Tidak ada lag saat memainkan kedua game ini.

Memutar video: Xperia Pro mendukung file video dengan format 3GP, MP4 dan WMV. Bagaimana dengan format video yang lain? Untuk mencoba ketangguhan Xperia Pro dalam memutar video, berita-i.blogspot.com menggunakan aplikasi MX Video Player, dan tidak menggunakan codec.

Hasilnya, Xperia Pro mampu menjalankan format video .FLV dan AVI dengan lancar. Ketika memutar film berformat .MKV (700MB dengan durasi 2 jam), smartphone ini juga mampu menjalankan dengan lancar.

Teknologi yang diandalkan oleh Sony Ericsson ditanamkan dalam Xperia Pro ini terbukti kemampuan memutar video ini tidak lepas dari dukungan prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon 1GHz dan teknologi Mobile Bravia Engine.

Kualitas suara: Suara musik yang keluar dengan loud speaker cukup baik. Namun, unsur bass yang keluar kurang terasa. Kualitas earphone bawaan Xperia Pro juga kurang memberi sensasi bass yang 'nendang.'

Fitur & aplikasi perkantoran

Karena Xperia Pro ditujukan untuk kalangan profesional dan pebisnis, maka Sony Ericsson telah menyediakan aplikasi OfficeSuite Pro secara cuma-cuma, di mana pengguna dapat membuka dan membuat dokumen Word, Excel, dan Power Point.

Jika Anda berkunjung ke toko aplikasi Android Market, OfficeSuite Pro ini dibanderol dengan harga 9,99 dollar AS atau sekitar Rp 90 ribu.

Untuk mendukung aktivitas bisnis lainnya, Xperia Pro juga telah dilengkapi dengan teknologi smart keyboard. Jika pengguna sedang membaca e-mail, kemudian slide keyboard dibuka, akan muncul tawaran untuk membalas e-mail.

Untuk mencegah virus yang bisa menginfeksi dokumen, sudah ada aplikasi bawaan antivirus McAfee Security.


Kesimpulan

Kelebihan Xperia Pro:
  1. Keyboard QWERTY slide
  2. Sudah tersedia aplikasi OfficeSuite Pro yang mendukung kegiatan perkantoran & bisnis
  3. Port MicroHDMI
  4. Teknologi mobile Bravia Engine membuat layar lebih tajam dan jelas, sehingga mendukung multimedia
  5. Kualitas kamera yang baik
  6. Memori MicroSD 8GB (support 32GB)

Kekurangan Xperia Pro:
  1. Untuk memasukan atau melepas memori MicroSD, harus membuka panel belakang, lalu melepas baterai.

Spesifikasi Xperia Pro:
  1. Prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon 1 GHz
  2. Layar 3,7 inci beresolusi 480 x 854 piksel dengan teknologi Mobile Bravia Engine
  3. OS Android 2.3 Gingerbread
  4. Kamera 8MP dengan LED Flash dan sensor Exmor R
  5. Kamera depan VGA
  6. Keyboard QWERTY slide
  7. Memori internal 320MB
  8. Memori external MicroSD 8GB (support 32GB)
  9. Port MicroHDMI
  10. Dimensi 120 x 57 x 13.5 mm, berat 142 gram
  11. Bluetooth, Wi-Fi, 3G, HSDPA
  12. Baterai Li-Po 1500mAh
  13. Harga Rp 3.499.000 

Harga dapat berubah sawaktu-waktu, dan semoga dengan review Xperia Pro yang singkat ini, anda dapat dengan yakin memilih ponsel Android terbaik anda. Agar tidak menyesal dikemudian hari.

0 comments:

Post a Comment