Tuesday, August 18, 2015

Waspadai 4 Bahayanya Gadget Untuk Anak-anak

Di era modern ini mungkin ponsel yang canggih suh banyak yang muncul. Banyak orang tua memberikan kepada anak-anak mereka ponsel yang terbaru. Sebenarnya belum saatnya anak mendapatkan gadget atau ponsel. Ponsel diberikan kepada anak-anak memiliki dampak negatif sebenarnya.

Banyak orang tua yang berdalih memberikan ponsel canggih atau gadget pada anak agar mudah dihubbungi atau dipantau. Akan tetapi tidak semua orang tua dapat memantau yang dilakukan anak tersebut. Dampak dari pemberian gadget atau ponsel pintar ke anak mungkin bermanfaat bagi orang tua, akan tetapi berdampak buruk bagi anak.

Dampak memberikan gadget pada anak yaitu

1. Berdampak Pada Kesehatan Mata

Kecendeungan anak melihat setiap waktu gadget mereka atau mereka sering bermain game di gadet, dapat membuat anak anda mengalami kerusakan mata. Yang seharusnya anak anda dapat berkembang terutama pengihatan, namun rusak gara-gara sering melihat gadget. Apalagi saat main game yang membuat mereka lupa waktu.

Seharian anak anda melihat gadget atau bermain game diponsel, maka akan membuat mereka pusing karena terus fokus di layar yang mereka lihat. Oleh karena itu maka perlu perhatian orang tua untuk memperhatikan anak-anaknya agar tidak terlalu sering atau membatasi si anak untuk memegang ponsel.

 2. Kurang Bersosialisasi

Banyak anak yang sudah fokus maen gadget atau laptop atau tablet, malas keluar rumah. Apalagi mereka memiliki komunitas di dunia sosial media atau game. Mereka lebih memilih main game bersama teman-teman yang lainnya di dalam game, daripada keluar rumah. Kebiasaan itulah yang menyebabkan mereka kurang bersosialisasi atar teman satu kompleks atau teman-teman sepermainannya.

3. Banyak Waktu yang Terbuang Percuma  

Bagi pelajar yang masih produktif, gadget atau ponsel ini dinilai mengganggu proses belajat atau perkembangan intelektual mereka. Banyak yang menggunakannya dengan baik dan lebih banyak yang menggunakannya dengan sia-sia. Jadi waktu yang seharusnya dimaksimalkan belajar akan terbuang percuma

4.  Malas

Gadget dapt membuat malas penggunanya, apalagi bagi anak. Yang seharusnya mereka membaca buku, tetapi mereka malah membaca sosial media. Kalau ada PR mereka mencari jawaban secara instan di internet. 

Sebenarnnya Gadget dapat mengenalkan ke anak tentang perkembangan teknologi masa kini, namun kalau tidak diawasi dan dibatasi, mereka akan membuat malas dan melakukan hal-hal yang sia-sia saja. Oleh karena itu bagi orang tua, batasi penggunaan gadget dan dampingi mereka ketika belajar. 

0 Komentar Waspadai 4 Bahayanya Gadget Untuk Anak-anak

Post a Comment

Back To Top