Friday, October 25, 2013

Kebutuhan Serat yang Dianjurkan Dikonsumsi Setiap Hari

manfaat konsumsi serat setiap hari
Semua orang ingin hidup sehat, bahkan banyak upaya yang ditempuh agar mendapatkan tubuh yang sehat. Mengkonsumsi buah dan sayur seperti kita ketahui dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat mengonsumsi jenis makanan sehat ini adalah menghindari obesitas dan membantu menjaga berat badan tetap normal.

Dokter Spesialis Gizi Klinik pada Departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM, Dr. Fiastuti Witjaksono MS.SpGK mengatakan buah dan sayur sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu upaya untuk menjaga berat badan normal. Hal ini karena buah dan sayur memiliki serat yang tinggi.

"Dengan makan-makanan berserat maka akan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, serat juga membuat kita merasa kenyang lebih lama,"tutur Dr. Fiastuti dalam diskusi bertema Resolusi "The New Healthy Me" di The Akmani Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2014).

Ia berpendapat, bila serat dapat membantu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, maka akan mengurangi keinginan makan-makanan lain di luar jam makan.

"Serat yang dianjurkan adalah 25 g-30 g per hari. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur 5 porsi sehari,"imbuhnya.

Sementara itu, beberapa buah yang mengandung serat tinggi adalah kiwi hijau, apel, pisang, jeruk, stroberi dan blueberry. Di antara buah-buahan tersebut yang memiiki serat paling tinggi adalah buah kiwi hijau 3,0 gram/100 gram serat.

0 Komentar Kebutuhan Serat yang Dianjurkan Dikonsumsi Setiap Hari

Post a Comment

Back To Top