Portal Berita Indonesia

Resep Masakan Tumis Pare Pedas Nikmat

· · 0 comments

budi daya tanaman pare tumis pare banyak khasiatnya
Yuk kita belajar membuat Tumis pare pedas, kamu tahu dong buah / sayuran pare yang bentuknya bergelombang tak beraturan dan kalau dimasak umumnya rasanya sangat pahit. Walaupun rasanya pahit tapi pare enak juga lho dibuat masakan tumis pare pedas.

Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa pahit walaupun sudah diolah menjadi sebuah masakan. Jenis sayuran yang dikenal dengan nama karela ini permukaannya keriting dan berwarna hijau. Dalam bahasa latin, pare memiliki nama Momordica Charantia L. Pare, sejenis sayur yang berbentuk seperti buah. Beberapa orang tak menyukai sayuran tersebut karena rasanya yang pahit. Akan tetapi, di balik rasa pahitnya itu pare memiliki manfaat bagi kesehatan. Pare sangat baik dalam membantu metabolisme tubuh. Lalu apa saja manfaat pare bagi kesehatan?

Sebelum kita masak, biar lebih yakin dan senang untuk makan masakan pare, kita pelajari dulu khasiat pare yuk.

1. Menurunkan kadar gula darah

Pare mengandung charntine, senyawa insulin dan alkaloids yang bertanggung jawab untuk penurunan kadar gula darah. Oleh karena itu, pare sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes dan pencegahan diabetes tipe dua.

2. Melancarkan pencernaan

Walaupun pare memiliki rasa yang pahit, namun pare bisa merangsang pencernaan dan gerakan makanan dalam usus sampai dikeluarkan dalam tubuh. Bagi Anda yang memiliki masalah gangguan pencernaan, tak ada salahnya untuk menambahkan pare dalam menu makan siang atau malam.

3. Menurunkan berat badan

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, pare hanya mengandung 16 kalori per cangkir. Kandungan air dalam pare yang mencapai 90 persen dan 2,6 gram serat bisa mengerem nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk mengonsumsi pare.

4. Membersihkan darah

Pare memiliki kandungan zat yang bisa membersihkan darah. Selain itu bisa mengurangi gatal-gatal jika Anda jadikan jus. Agar hasilnya maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi jus pare pada pagi hari saat kondisi perut kosong.

5. Mengatasi asma

Sebuah studi dari Universitas of Massachusetts menunjukkan bahwa respons tubuh terhadap konsumsi makanan pahit, seperti pare merangsang indra pengecap yang ada di sel saluran pernapasan. Hal tersebut membuat saluran pernapasan jadi lebih lebar hingga aliran udara lebih cepat dan kuat.

6. Mencegah sel kanker pankreas

Para peneliti dari University of Colorado, Amerika Serikat menunjukkan bahwa sari pare bisa menghentikan sel kanker pankreas memproses glukosa. Hal tersebut penting karena sel kanker memerlukan energi untuk bertahan dan memblokir persediaan glukosa agar bisa membunuh sel kanker tersebut.

Nah karena sudah tahu khasiat pare, yuk kita belajar memasak tumis pare pedas nikmat.

Bahan:
  • 250 g pare, iris tipis, campur dengan garam, remas-remas hingga airnya keluar, cuci.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 3 buah cabai merah, iris serong tipis
  • 1 buah tomat merah, iris kasar
  • 50 g teri nasi tawar kering

Haluskan:
  • 50 g cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, cabai, dan tomat hingga harum.
  2. Masukkan teri, aduk rata.
  3. Tambahkan pare, aduk kembali hingga rata.
  4. Masak hingga pare matang, angkat.
  5. Sajikan.

Selamat mencoba :)

0 comments:

Post a Comment