-->

Wednesday, June 12, 2013

Definisi Pengorganisasian - Pengertian Pengorganisasian

contoh makalah Definisi Pengorganisasian
Pengertian Pengorganisasian adalah suatu proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan, sumber daya yang dimiliki, dan lingkungan yang melingkupinya. Tapi pernah saya ditanya tentang pengorganisasian dalam manajemen oleh salah satu murid saya, dan sebenarnya definisi pengorganisasian yang benar bisa Anda baca pada makalah pengorganisasian yang sudah tersusun rapi dalam Perpustakaan sekolah disana dijabarkan pengertian pengorganisasian dalam manajemen, pengertian struktur organisasi dan pengertian pembagian tugas.

Ada 4 aspek utama penyusunan struktur organisasi yaitu departementalisasi, pembagian kerja, koordinasi, dan rentang manajemen.

  1. Departementalisasi adalah pengelompokan dari berbagai aktifitas kerja suatu organisasi supaya berbagai aktifitas yang sama bisa digabungkan dalam satu unit kerja.
  2. Pembagian kerja, adalah rincian tugas/pekerjaan yang harus dilakukan seseorang agar setiap orang yang terlibat dalam organisasi bertanggungjawab melaksanakan aktifitas yang menjadi beban tanggungjawabnya.
  3. Aspek koordinasi yaitu proses pengintegrasian beberapa tujuan aktifitas pada satuan-satuan yang terpisah (departemen atau bidang-bidang fungsional) dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Ini untuk mencegah seseorang berbuat untuk kepentingannya sendiri.
  4. Rentang manajemen atau rentang kendali, adalah kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara efektif yang sebagian besar tergantung kepada jumlah bawahan yang melapor kepadanya.

Semoga bermanfaat untuk Anda yang masih bingung dalam memahami Definisi Pengorganisasian.

0 Komentar Definisi Pengorganisasian - Pengertian Pengorganisasian

Post a Comment

Back To Top