Portal Berita Indonesia

BlackBerry 10 Tidak Menggunakan Paket BIS

· · 0 comments

Kelebihan dan kekurangan Blackberry 10 Tanpa Paket BIS
BlackBerry Lovers, kehadiran BB 10 atau BlackBerry 10 sepertinya sudah ditunggu-tunggu para pecinta BlackBerry. Spesifikasi BlackBerry 10 yang dengan keypad QWERTY dan tidak menggunakan BIS akan menjadi sorotan utama pada BlackBerry terbaru kali ini.

Paket BlackBerry Internet Service – BIS Tidak di Perlukan di BlackBerry 10 Devices

Beberapa informasi telah di rilis secara online masalah Smartphones BlackBerry 10 terbaru yang baru dirilis tidak lagi menggunakan paket BIS.

Sebenarnya informasi ini pernah di sebarkan oleh staff RIM, TIM dari BlackBerry Dev yang umumkan bahwa BlackBerry 10 dev/alpha Device tidak memerlukan paket data BIS.

Laporan yang didapatkan oleh OurBerries .com dari Vodafone UK dan RIM telah konfirmasi bahwa BlackBerry 10 Smartphones bisa digunakan tanpa paket BIS. (Maksudnya BlackBerry 10 Smartphones bisa digunakan dengan wifi atau data plan lainnya tanpa harus aktifkan paket BIS yang biasanya di daftarkan ke server RIM)

NO, BIS IS NO LONGER REQUIRED For BlackBerry 10

Tanpa memerlukan pendaftaran kepada paket BIS ke server RIM, sekarang anda bisa gunakan BlackBerry 10 Smartphones dengan paket wifi/internet plan lainnya karena BlackBerry 10 tidak lagi perlu di daftarkan ke server RIM.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin timbul dari hal tersebut:

Question: Apakah data saya masih aman dan secure?
Answer: Ya, masih. RIM BlackBerry telah menggunakan software encryption model daripada hardware security sebelumnya. Secara teknis, paket data yang dulu dikirim secara encrypted (null key) dari device ke RIM server lalu di paket ulang dan dikirim encrypted (null key) ke penerima. Sekarang, data di encrypted langsung di device dan dikirim secara langsung ke penerima, tanpa lewat server RIM.

Question: Keuntungan apa dari cara kerja baru tersebut?
Answer: secara teknis, data anda tidak perlu di kirim jauh ke server RIM via paket BIS sebelumnya. Dengan pengurangan jarak perjalanan data, anda dan penerima anda akan menerima data/pesan lebih cepat. Semua data transfer akan tergantung kepada jaringan operator dan tidak tergantung lagi pada server RIM. Anda sekarang bisa gunakan data plan internet standard lainnya tanpa harus daftarkan paket BIS di luar negeri atau dimanapun anda berada.

Question: Apa kekurangan dari perubahan tersebut?
Answer: Kami akan kehilang fitur DataSmart Technology dari BlackBerry, dimana BlackBerry device biasanya 4x lebih hemat data dibanding Smartphones lainnya. Sekarang di BlackBerry 10, akan menggunakan lebih banyak data (gprs), maka kemungkinan anda akan mengeluarkan biaya lebih menggunakan BlackBerry 10 seperti menggunakan data/internet plan iOS/Android/Windows dibanding paket BIS yang sangat terjangkau sebelumnya. Sekarang kami barusan mengerti kenapa paket BIS bisa lebih murah daripada internet plan lainnya.

Question: Jadi, kenapa BlackBerry 10 memutuskan untuk tidak pakai BIS?
Answer: Biasanya kompressi data dilakukan via sever RIM/BlackBerry. Dengan perubahan ini, BlackBerry dapat meningkatkan kecepatan data transfer dan diprediksi karenanya banyak kesediaan free data/wifi di seluruh dunia, user dapat menggunakan free data tanpa penambahan biaya.

Question: Apakah ada perubahan lainnya?
Answer: tidak, BlackBerry Push features akan tetap menjadi fitur utama dan tetap tersedia. Fitur standard BlackBerry seperti. BBM, Emails, Facebook, Twitter dll.. Tetap bisa digunakan.

Secara garis besar, dengan BlackBerry 10, data transfer semua akan di kirim lewat jaringan operator tanpa melalui server RIM/BlackBerry. Tidak ada lagi istilah server RIM lagi lemot/outage/down. Seharusnya pengguna BlackBerry akan merasa kelebihan dari BlackBerry 10 dibanding sebelumnya…

0 comments:

Post a Comment