Monday, April 16, 2012

Jus Apel Bisa Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Manfaat jus apel khasiat jus apel dan efek samping bagi ginjal
Manfaat buah Apel memang sudah tidak diragukan lagi bagi pecinta makanan vegetarian. Buah apel yang dikenal dengan buah dewa ini sudah sejak dari jaman kerajaan hingga sekarang dipercaya mangandung banyak vitamin dan antioksidan yang berguna sebagai penangkal radikal bebas. Namun buah yang penyajiannya bisa dibuat berbagai macam sajian salah satunya adalah jus Apel, penelitian justru menunjukkan bahwa jus apel dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Lantas apakah peneletian ini benar adanya ? .Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 2003, Buah Apel dari semua jenis Apel yang dibuat jus apel dapat meningkatkan kalsium oksalat dan uric acid (asam urat) dalam urine sebesar 35 persen. Selain itu jus grapefruit 37 persen. Oleh sebab itu alasan mengapa Jus Apel tidak baik untuk penderita gangguan ginjal karena Kalsium oksalat dan asam urat merupakan zat yang paling banyak memicu terbentuknya batu ginjal.

Apakah hanya karena Jus Apel saja Batu Ginjal bisa menyerang manusia ? bahwa air putih yang mengandung magnesium juga sangat mempengaruhi terbentuknya batu ginjal.

Sedangkan beberapa minuman yang dapat mencegah terbentuknya batu ginjal adalah sebagai berikut:

  1. Kopi yang sudah decaffeinated (kafein rendah) dapat menurunkan risiko kalsium oksalat dan asam urat dalam urine 10 persen, asal hanya 1 gelas per hari.
  2. Teh menurunkan risiko 14 persen
  3. Wine menurunkan risiko 39 persen, asal tidak lebih dari 30 cc per hari.
  4. Jus jeruk


Hidrasi yang baik dapat mencegah batu ginjal dan infeksi ginjal. Pada orang yang sehat, minimal urine yang dikeluarkan 2 liter per hari. Itu aman untuk mencegah penyakit ginjal dan berarti tubuh juga butuh 2-3 liter air (untuk orang yang sehat) yang dimasukkan dalam 24 jam,

0 Komentar Jus Apel Bisa Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Post a Comment

Back To Top