Portal Berita Indonesia

Konsumsi Semangka Bermanfaat Untuk Jantung Sehat

· · 1 comments

Manfaat buah semangka khasiat kulit semangka dan biji semangka kandungan semangka
Buah semangka yang dikenal masyarakat dengan rasanya yang manis dan mengandung banyak air dan mudah ditemui di kios penjual buah, tak hanya menjadikan buah semangka sebagai buah favorit. Ternyata, buah dengan daging berwarna merah cerah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan jantung.

Apakah Anda dan sekeluarga sering mengkonsumsi buah semangka ? Menurut penelitian, makan semangka baik bagi penderita hipertensi. Jangan anggap remeh hipertensi, karena hampir semua orang dapat mengalami hipertensi, memakan buah semangka dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa memicu risiko penyakit jantung dan stroke.

Beberapa Penelitian di Florida tentang semangka telah menemukan bahwa senyawa alami dalam buah semangka, yaitu citrulline, yang membantu melebarkan dan merilekskan pembuluh darah, sehingga jantung tidak harus bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Menurut riset, kadar citrulline lebih banyak ditemukan pada kulitnya dan dapat ditemukan pada semua warna semangka. Namun, yang paling tinggi kandungannya terdapat dalam jenis semangka kuning.

Penelitian lain dari University Kentucky juga menunjukkan bahwa semangka baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan dan membantu kesehatan jantung.

Tak hanya itu, penelitian di Inggris juga menunjukkan manfaat lain semangka. Menggunakan tikus yang telah diberi makanan berkolesterol tinggi, peneliti kemudian memberikannya jus semangka setiap hari. Hasilnya, tikus tampak lebih sehat bahkan jumlah kolesterol jahat menjadi lebih rendah dalam darahnya.

Sebaiknya mengonsumsi semangka dalam porsi yang cukup. Terlalu banyak makan semangka bisa membuat Anda buang air kecil terus menerus, karena semangka bersifat diuretik. Kandungan gula yang tinggi dalam semangka juga harus jadi perhatian. Kalau keluarga Anda mempunyai penyakit batu ginjal, baca manfaat buah semangka untuk batu ginjal

1 comments:

  1. Terlalu banyak makan semangka ternyata juga bikin kembung :(

    ReplyDelete